Loading...

Macam Contoh Surat Permohonan

Loading...

Contoh Surat Permohonan Lengkap - Surat permohonan merupakan sebuah surat yang dibuat oleh seseorang yang isi pokoknya ialah permintaan atau permohonan seseorang terhadap orang lain, lembaga, perusahaan atau instansi tertentu. Ada berbagai macam surat permohonan, diantaranya ialah surat permohonan bantuan dana, surat permohonan bantuan buku, surat permohonan bantuan kredit, surat permohonan beasiswa, surat permohonan izin tempat usaha, surat permohonan kerja, surat permohonan izin cuti pegawai, surat permohonan izin tidak masuk sekolah, dan masih banyak contoh-contoh surat permohonan lainnya yang akan saya ulas satu persatu di halaman ini. Untuk itu jangan beranjak dulu dari halaman ini sebelum anda baca hingga selesai.

Gambar Macam Jenis Contoh Surat Permohonan

Dalam membuat surat permohonan, ada bagian-bagian tertentu yang harus disebutkan dalam surat, yaitu:

-Identitas Pemohon
-Isi permohonan
-Tujuan dan Alasan pemohon
-Batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan
-Pernyataan kesungguhan dalam memohon.

Pada paragraf pertama telah saya singgung sedikit tentang macam-macam surat permohonan, untuk itu saya akan menjelaskan satu persatu dari berbagai macam surat permohonan.

1. Surat Permohonan Bantuan Dana

Surat permohonan bantuan dana merupakan sebuah surat yang dibuat oleh seseorang yang sedang membutuhkan dana untuk ditujukan kepada sumber dana yang isinya ialah untuk memohon bantuan dana. Untuk lebih jelasnya, berikut kami bagikan Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana.

2. Surat Permohonan Bantuan Buku

Surat permohonan bantuan buku ialah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang atau instansi tertentu dengan tujuan memohon bantuan buku dari pihak lain/sumber buku. Penampakannya bisa Anda lihat pada postingan Contoh Surat Permohonan Bantuan Buku.
 
3. Surat Permohonan Bantuan Kredit/Pinjaman

Surat permohonan bantuan kredit adalah surat yang dibuat seseorang untuk memohon sejumlah dana tertentu kepada suatu pihak, baik perorangan, instansi ataupun lembaga tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Bantuan Kredit/Pinjaman.
 
4. Surat Permohonan Beasiswa

Surat permohonan beasiswa merupakan surat yang biasanya dibuat oleh mahasiswa dengan tujuan untuk memohon bantuan dana dalam menyelesaikan studinya yang ditujukan kepada instansi tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Beasiswa.

5. Surat Permohonan Izin Tempat Usaha

Surat permohonan izin tempat usaha merupakan sebuah surat yang diajukan oleh pemilik usaha kepada pemerintah melalui instansi terkait agar mendapat izin resmi untuk tempat usahanya. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Usaha.

6. Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat permohonan izin tidak masuk sekolah adalah surat yang dibuat oleh seorang siswa yang ditujukan kepada kepala sekolah/wali kelas tempat ia bersekolah dengan tujuan memohon izin karena tidak bisa menghadiri kegiatan belajar karena sesuatu hal. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah.

7. Surat Permohonan Izin Kegiatan

Surat permohonan izin kegiatan ialah surat yang dibutuhkan saat hendak mengadakan suatu kegiatan tertentu. Oleh karena itu surat izin ini sangat diperlukan sebelum suatau acara itu diadakan. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan.

8. Surat Permohonan Kerja

Surat permohonan kerja merupakan surat yang dibuat calon pekerja dengan tujuan memohon agar diterima kerja pada suatu instansi, lembaga maupun perusahaan. Berikut Contoh Surat Permohonan Kerja.

9. Surat Permohonan Sidang Tugas Akhir

Surat permohonan sidang tugas akhir/skripsi merupakan surat permohonan yang harus dibuat/dilengkapi oleh seorang mahasiswa sebelum ia melangsungkan Sidang dari Tugas Akhirnya atau yang lebih dikenal Sidang Skripsi. Berikut Contoh Surat Permohonan Sidang Tugas Akhir.

10. Surat Permohonan Mutasi Kerja

Surat permohonan mutasi PNS adalah surat yang digunakan oleh seorang pegawai negeri yang hendak memohon untuk dipindah tugaskan. Berikut Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja.

11. Surat Permohonan Penangguhan Pembayaran

Surat permohonan penangguhan pembayaran adalah surat yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan memohon untuk menangguhkan suatu pembayaran tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Penangguhan Pembayaran.

12. Surat Permohonan Magang Kerja

Surat permohonan magang kerja merupakan surat yang dibuat oleh seorang pelajar yang ditujukan kepada instansi/perusahaan baik pemerintah maupun swasta yang isinya untuk memohon izin agar bisa kerja praktek pada instansi/perusahaan tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Magang Kerja.

13. Surat Permohonan Cuti Akademik

Surat permohonan cuti akademik atau biasa disebut surat izin non aktif kuliah, merupakan surat permohonan yang dibuat seorang mahasiswa untuk memohon izin kepada akademik untuk menghentikan sementara aktivitas akademik. Berikut Contoh Surat Permohonan Cuti Akademik.

14. Surat Permohonan Jaminan Untuk Buruh

Surat permohonan Jaminan untuk buruh adalah surat yang dibuat oleh seorang buruh untuk memintakan jaminan keselamatan pada instansi tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Jaminan Untuk Buruh.

15. Surat Permohonan Izin Mengasuh Anak

Surat permohonan Izin Mengasuh Anak adalah surat yang dibuat oleh calon pengasuh anak untuk memohon izin dalam mengasuh seorang anak. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Mengasuh Anak.

16. Surat Permohonan Izin Mengelola Lahan

Surat permohonan Izin mengelola lahan adalah surat yang dibuat oleh calon pengelola lahan untuk memohon izin pada seseorang dalam mengelola lahan tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Mengelola Lahan.

17. Surat Permohonan Peminjaman Gedung

Surat permohonan peminjaman gedung merupakan surat yang dibuat oleh sipeminjam gedung yang ditujukan kepada pemilik gedung untuk tujuan memohon izin untuk menggunakan gedung dimaksud pada waktu/jadwal yang ditentukan. Berikut Contoh Surat Permohonan Peminjaman Gedung.

18. Surat Permohonan Izin Mengelola Perusahaan
Surat permohonan izin mengelola perusahaan tidak berbeda jauh dengan surat permohonan izin mengelola lahan, yang berbeda hanyalah objek yang hendak dikelola saja. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Mengelola Perusahaan.

19. Surat Permohonan Izin Cuti Pegawai

Surat permohonan izin cuti pegawai adalah surat yang dibuat oleh seorang pegawai dengan tujuan memohon izin untuk tidak masuk kerja dalam waktu tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Izin Cuti Pegawai.

20. Surat Permohonan Pindah Sekolah

Surat permohonan pindah sekolah adalah surat yang dibuat oleh orang tua/wali murid yang diajukan kepada kepala sekolah tempat siswa belajar yang isinya bertujuan untuk memohon agar anak dari orang tua/wali tersebut diijinkan untuk pindah sekolah karena alasan tertentu. Berikut Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah.
Halaman ini belum tuntas
dan akan terus diupdate sampai selesai

Demikian postingan saya hari ini tentang Macam Contoh Surat Permohonan, semoga sedikitnya bisa membantu Anda yang saat ini sedang berencana untuk menyusun sebuah surat permohonan. Silahkan klik salah satu judul postingan yang kami sertakan dalam penjelasan dari masing-masing surat di atas untuk menuju ke halaman contoh dari setiap surat tersebut. Terima kasih.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam Contoh Surat Permohonan