Loading...

Contoh Surat Peminjaman Uang yang Baik dan Benar

Loading...

Contoh Surat Peminjaman Uang - Sebelumnya saya telah membagikan contoh surat pernyataan kerja yang benar, sedangkan pada kesempatan ini, saya akan kembali membagikan satu contoh surat, yaitu contoh surat peminjaman uang. Namun sebelumnya kita ulas terlebih dahulu apa itu surat peminjaman uang.

Surat peminjaman uang adalah sebuah surat pernyataan yang dibuat oleh peminjam sebagai pernyataan dirinya karena telah meminjam uang kepada seseorang, lembaga maupun perusahaan yang dijadikan sebagai bukti apabila di kemudian hari menimbulkan perselisihan. Selain dari itu, di dalam surat ini juga dicantumkan ketentuan-ketentuan mengenai cara pembayaran, tanggal pembayaran dan lain sebaginya yang dianggap penting.

Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita terpaksa meminjamkan sejumlah uang kepada orang lain untuk suatu keperluan tertentu, oleh karena itu, jika peminjaman uang dalam jumlah yang tidak sedikit, alangkah baiknya jika membuat sebuah surat perjanjian ataupun surat pernyataan peminjaman uang sebagai bentuk antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di waktu mendatang.

Lalu bagaimana cara membuat surat peminjaman uang tersebut? caranya tidak jauh berbeda dengan pembuatan surat pada umumnya. Pada bagian judul dituliskan surat pernyataan, kemudian diikuti dengan tanggal, nomor dan lampiran. Kemudian pada bagian isi harus memuat beberapa poin penting, yaitu, data si pembuat pernyataan, statement pernyataan serta perjanjian/ketentuan/syarat-syarat tertentu yang di anggap penting.

Pada bagian akhir surat harus dibubuhi tanda tangan dari si peminjam, pemberi pinjaman lengkap dengan para saksi serta bermaterai. itulah sedikit gambaran dari surat peminjaman uang. Untuk lebih jelasnya, berikut saya bagikan contoh format surat peminjaman uang.

Contoh Surat Peminjaman Uang

SURAT PENYATAAN


No.      : ______________                                                    ____________ , ___________
Lamp.  : ______________

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                        : _______________________________
Tempat/Tgl. Lahir       : _______________________________
Alamat                       : ________________ RT __ RW __
No. KTP                     : _______________________________
Pekerjaan                   : _______________________________

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Pada Hari ini _________ Tanggal ___ Bulan ________ Tahun ______ saya meminjam uang sejumlah Rp. ___________________ Kepada ____________ yang beralamat di ___________________ .

Sesuai Pinjaman Bunga _______ %    /         bulan. Atau sejumlah Rp. ______________

Adapun cara pengembaliannya dengan mencicil sebanyak : _________ x ____________
Atau _______________ Hari ____________ Lunas. Terhitung dari tanggal ___________________ ,

Dan sebagai jaminannya :
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________

Apabila saya terlambat dalam waktu yang ditentukan ______________, maka jaminan yang saya titip ke Pihak Peminjam ini mutlak menjadi Hak Milik Peminjam, dan apabila saya memindahtangankan jaminan tersebut. Saya bersedia membayar denda 2x lipat dari jumlah pinjaman.

Demikianlah Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari Pihak manapun juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan dapat dipertanggungjawabkan

Yang Menyerahkan                                                            Yang Menerima
        Pinjaman                                                                         Pinjaman,



     ( ____________  )                                                                 ( ______________ )

                                                  Saksi Pihak,




                      ( _____________ )                                   ( _______________ )

Demikianlah contoh surat peminjaman uang yang baik dan benar, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang saat ini berencana untuk menyusun surat peminjaman uang tersebut. Silahkan lihat juga contoh surat pernyataan hutang, barangkali Anda juga membutuhkan referensi mengenai surat pernyataan hutang tersebut. Jika contoh surat yang saya bagikan ini bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman-teman kita yang lain. Salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com. Terima kasih.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Peminjaman Uang yang Baik dan Benar