Loading...

Contoh Surat Pengaduan Barang yang Baik dan Benar

Loading...

Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak - Pada postingan saya yang telah lalu yang berjudul macam jenis surat niaga, telah saya singgung sedikit tentang kegunaan dari surat pengaduan barang. Namun pada postingan tersebut belum saya sertakan contohnya, maka dari itu, kali ini saya akan bagikan contoh surat pengaduan barang (klaim) agar bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang hendak melakukan klaim terhadap barang yang pernah Anda pesan.

Gambar Contoh Surat Pengaduan Barang yang Baik dan Benar


Surat pengaduan barang yang rusak adalah salah satu tipe surat klaim. Sebab kami belum mempunyai contoh untuk surat ini jadi bakal dibangun suatu contoh surat pengaduan (klaim) atas barang yang rusak yang sudah dikirimkan sebelumnya.

Surat pengaduan barang adalah suatu  surat yang dikirimkan terhadap pihak penjual yang berfungsi untuk memberikan info tentang kondisi barang yang dikirim serta juga untuk menuntut hak atas kerugian yang diakibatkan atas kerusakan pengiriman yang muncul pada barang yang sudah dipesan.

Surat klaim ini bakal berisi detail info tentang barang yang sudah dikirim mulai dari nama barang (deskripsi), jumlah , no surat (bukti pengiriman) serta juga keterangan alias kerusakan yang terjadi. Supaya lebih jelas, langsung dipelajari saja contoh suratnya di bawah ini.

Contoh Surat Pengaduan Barang 1

TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================

25 Maret 2015

Nomor :  35/IM/IV/2015

Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Hal        :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp     :  1 (satu) lembar faktur

Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC

Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU

IKHSAN
Pemilik
Contoh Surat Pengaduan Barang 2

CV. MAJU MUNDUR
Jalan Lurus No. 123
Tangerang
=======================================================================

Nomor  :  123/MM/IV/2015                                                       25 Maret 2015

Kepada
PT. ASRI INDAH
Jalan Kekasih No. 34
Surabaya

Hal :  Pengaduan Kerusakan Barang

Dengan hormat,

Barang kiriman Saudara yang berupa 8 (delapan) buah Air Conditioner merk “Central” telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang akan digunakan, kami sedikit kecewa karena ternyata ada 2 (dua) buah Air Conditioner yang tidak keluar udara sejuknya.

Sesuai dengan perjanjian Saudara yang akan memberikan garansi 1 (satu) tahun dan apabila terdapat kerusakan akan memberikan pelayanan untuk memperbaiki secara cuma-cuma, maka kami mohon Saudara mengirimkan montir untuk memperbaiki barang tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
CV MAJU MUNDUR

IKHSAN
Manajer Penjualan

Demikianlah 2 contoh surat pengaduan barang yang baik dan benar yang dapat saya suguhkan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika contoh surat pengaduan yang saya bagikan ini bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman-teman kita yang lain. Jika dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat pemesanan barang.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Pengaduan Barang yang Baik dan Benar