Loading...

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk

Loading...

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk - Jauh-jauh hari sebelumnya telah saya bagikan macam-macam surat niaga. Dimana diantaranya termasuk juga dengan contoh surat pengaduan barang. Surat pengaduan barang tersebut dibuat oleh pembeli karena ada suatu hal yang terjadi terhadap barang yang ia pesan, baik itu ketidaksesuai dengan pesanan, adanya kerusakan atau lain-lain yang menyebabkan pembeli merasa dirugikan. Namun setelah surat tersebut dilayangkan kepada penjual, tentu penjual akan menjawab surat tersebut yang dikenal dengan surat jawaban pengaduan barang. Maka untuk itu, mengawali pagi hari ini, saya akan membagikan contoh surat jawaban pengaduan barang/produk.

Gambar Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk

Sebelum saya bagikan contoh suratnya, terlebih dahulu kita kupas dahulu apa itu surat jawaban pengaduan barang. Surat jawaban pengaduan barang adalah sebuah surat yang dibuat oleh penjual sebagai surat balasan/jawaban atas surat pengaduan barang yang dikirimkan oleh pembeli. Seperti yang telah saya singgung di atas, bahwasanya surat pengaduan yang dilayangkan oleh pembeli tidak serta merta, namun dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara pesanan pembeli dengan barang yang diterima. Oleh sebab itulah pembeli berhak untuk mengadukan perihal tersebut kepada penjual dengan harapan bisa penjual mau menggantikan barang/produk yang tidak sesuai tersebut.

Nah, pasti Anda sudah pahamkan akan kegunaan dari surat ini, untuk itu tanpa berpanjang lebar lagi, berikut saya bagikan contoh surat jawaban pengaduan barang/produk. Surat ini saya sesuaikan dengan surat pengaduan yang telah saya bagikan sebelumnya, bisa Anda lihat di postingan saya yang berjudul Contoh Surat Pengaduan Barang.

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk I

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jln. Buntu No. 202
JAKARTA
======================================================================
Nomor :  305/EM/IV/2015                                                       1 April 2015

Kepada
Yth. Pemilik Toko Ingin Maju
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Hal       :  Penggantian Kerusakan Barang
Lamp   :  1 (satu) Lembar Faktur

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 25 Maret 2015 dengan Nomor: 35/IM/IV/2015 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara, kami segera melakukan pengecekan dan ternyata karyawan kami melakukan kesalahan dalam pengepakan sehingga barang pesanan Saudara banyak mengalami kerusakan. Atas kesalahan tersebut, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya.

Selanjutnya kami akan segera mengirimkan 5 unit TV yang baru sebagai pengganti barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan, kami harap Saudara senang menerimanya. Faktur asli pesanan Saudara telah kami kirimkan.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT ELEKTRONIK MAJU


IKRAM SYAHPUTRA
Manajer Penjualan

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk II

PT ATAS BAWAH
Jln. Kenari No. 23
MEDAN
======================================================================
Nomor : 105/AB/V/2015                                                         18 April 2015

Kepada
CV BAHAGIA GROUP
Jln. Wangi No. 20
SURABAYA

Hal        : Balasan Pengaduan
Lamp     : 1 (satu) Lembar

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 25 Maret 2015 dengan Nomor: 75/BG/III/2015 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara, kami segera mengirimkan monir untuk memperbaiki Air Conditioner yang mengalami kerusakan.

Atas kerusakan barang tersebut, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya.

Bersama ini kami juga berinisiatif menawarkan kepada Saudara, apabila Saudara berkenan menukarkan Air Conditioner merk “Central” dengan merk “Olympic” yang mutunya lebih baik, namun harganya sedikit lebih tinggi. Agar lebih jelas, kami juga melampirkan brosurnya.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT ATAS BAWAH

IRFAN MAULANA
Manajer Penjualan

Demikianlah dua contoh surat jawaban pengaduan barang/produk yang mengalami kerusakan setelah saat diterima oleh pembeli. Semoga contoh surat yang telah saya bagikan ini, bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang membutuhkan surat tersebut. Jika surat ini bermanfaat, silahkan like dan share kepada saudara-saudara kita yang lainnya, barangkali contoh surat jawaban pengaduan barang ini sedang mereka butuhkan. Akhir kata, terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang/Produk