Loading...

Contoh Surat Keterangan Sakit

Loading...

Contoh Surat Keterangan Sakit ~ Selamat pagi semua. Bagaimana kabar Anda? Sudah dua minggu ini saya tidak berbagi contoh surat karena kesibukan yang tidak bisa saya tinggalkan. Sebelum saya berbagi kembali, kita lihat dahulu apa yang telah saya bagikan sebelumnya. Pada postingan sebelumnya, saya telah share contoh surat keterangan usaha dari kepala desa. Sedangkan pada pagi hari ini, saya akan bagikan contoh surat keterangan sakit dari dokter yang sering dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Silahkan disimak dan semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Gambar Contoh Surat Keterangan Sakit


Berbicara tentang surat keterangan sakit, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu surat keterangan sakit. Surat keterangan sakit ialah surat yang dibuat untuk menerangkan keadaan tubuh seseorang yang dalam keadaan kurang sehat / sakit. Surat ini biasanya digunakan oleh para pelajar yang tidak mampu untuk masuk sekolah, mahasiswa yang tidak mampu mengikuti perkualiahan atau pegawai yang merasa tidak mampu untuk masuk kerja karena kesehatannya yang lagi kurang baik. Maka diperlukan sebuah surat keterangan sakit dari dokter untuk membuktikan bahwa benar seorang yang dimaksud dalam surat sedang dalam keadaan kurang sehat atau sakit.

Surat keterangan sakit terbagi kedalam dua jenis, yang pertama ialah surat keterangan sakit yang tidak resmi dan surat keterangan sakit resmi. Surat keterangan sakit yang tidak resmi adalah surat yang dibuat sendiri atau dibuat oleh wali yang bersangkutan untuk menerangkan bahwa seseorang yang namanya tersebut dalam surat dalam keadaan kurang sehat / sakit. Sedangkan surat keterangan sakit resmi adalah surat yag dibuat oleh dokter yang merawat atau memeriksa kesehatan orang yang bersangkutan tersebut. Untuk mendapatkan surat ini, Anda harus datang ke layanan kesehatan, seperti pukesmas, rumah sakit, tempat Dokter praktek atau klinik tertentu. Setelah Dokter memeriksa kondisi kesehatan tubuh Anda, mintalah untuk dibuatkan sebuah surat keterangan sakit dari dokter tersebut.

Adapun cara membuat surat keterangan sakit yang tidak resmi tidaklah begitu sulit, bagi Anda yang penasaran bagaimana format surat keterngan sakit, silahkan lihat pada contoh dibawah ini :

Contoh Surat Keterangan Sakit Tidak Resmi

Kepada Yth.
Bapak / Ibu guru wali kelas
SDN 5 Pagar Air
di
Tempat

Dengan Hormat,
Kami orang tua / wali murid dari :

Nama : Irfan Maulana
Kelas : VI B
Alamat : Jl. Blang Bintang No. 34 Aceh Besar

Mengabarkan bahwa hari ini anak kami yang namanya tersebut di atas tidak dapat mengikuti proses belajar sebagaimana biasanya dikarenakan sedang kurang enak badan (Sakit). Oleh karena itu mohon Bapak / Ibu guru dapat memberikan izin untuk dapat beristirahat.

Demikian surat ini kami buat, semoga bapak / ibu guru bisa memaklumi. Atas perhatian dari Bapak / Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,


Fakhruddin
(orang tua murid)

Sedangkan untuk contoh surat keterangan sakit dari Dokter yang bersifat resmi, contohnya adalah sebagai berikut :

Contoh Surat Keterangan Sakit Dari Dokter (Resmi)

KOP SURAT
======================================================================

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama              : Zurra
Tanggal Lahir  : 29 November 1994
Pekerjaan       : Mahasiswa
Alamat            : Banda Aceh

Pada pemeriksaan Jasmani saat ini dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 10 sampai 15 November 2015.

Demikian surat keterangan ini diberikan untuk diketahui dan dipergunakan seperlunya.

Aceh Besar, 09 November 2015
Dokter Penguji / Pemeriksa


(nama dokter)

Demikianlah contoh surat keterangan sakit yang dapat saya bagikan hari ini, semoga contoh surat di atas dapat membantu Anda yang sedang menyusun surat tersebut. Namun apabila Anda membutuhkan contoh surat keterangan sakit ya resmi, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuatkan sendiri, silahkan langsung datangi layanan kesehatan terdekat. Sebelum saya akhiri, mohon kesediaannya untuk like dan share postingan ini kepada saudara-saudara kita yang lain, barangkali mereka juga sedang membutuhkan referensi dalam menyusun surat keterangan tersebut. Jika dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat keterangan domisili. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Keterangan Sakit