Loading...

Macam Contoh Surat Pernyataan

Loading...

Contoh Surat Pernyataan ~ Selamat weekend sobat semuanya. Semoga weekendnya menyenangkan. Mengawali pagi minggu ini, saya kembali hadir untuk menyajikan sebuah postingan kepada sobat semua. Namun sebelumnya apa yang telah saya bagikan pada postingan yang telah lalu. Beberapa waktu yang telah lalu, saya telah hadirkan postingan yang berjudul macam contoh surat izin orang tua. Sedangkan hari ini, saya akan membagikan macam contoh surat pernyataan. Jadi jika sedang membutuhkan referensi dalam menyusun surat pernyataan, ada baiknya Anda simak terus halaman ini sampai selesai.

Gambar Macam Contoh Surat Pernyataan


Dalam aktifitas sehari-hari, surat pernyataan sering sekali dibutuhkan sebagai syarat tertentu untuk menerangkan atau menjelaskan bahwa seseorang telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dengan adanya pernyataan dari seseorang ini, maka akan memberikan konsekuensi hukum tertentu apabila pernyataan yang diterangkan berbeda dengan yang sebenarnya.

Pengertian Surat Pernyataan

Surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya adalah menerangkan tentang dirinya atau orang lain bahwa orang yang tersebut namanya dalam surat pernah melakukan sesuatu atau tidak pernah melakukan sesuatu. Ada pengertian lain yang menyatakan bahwa surat pernyataan adalah pernyataan tertulis untuk mengemukan kesanggupan/kesediaan seseorang ataupun kelompok untuk bertanggung segala resiko yang berkaitan dengannya.

Manfaat Surat Pernyataan

Bagi Penerima : Surat pernyataan mempunyai fungsi sebagai alat bukti untuk meminta pertanggungjawaban pihak pembuat apabila apa yang dinyatakan dalam surat ternyata tidak benar adanya.

Bagi Pembuat : Surat pernyataan memiliki fungsi sebagai alat bukti penguat untuk diakui pihak lain bahwa dirinya benar dengan apa yang diterangkan dalam surat.

Bagi pihak yang dinyatakan : Surat pernyataan berfungsi sebagai alat untuk menguatkan keadaan pihak yang dinyatakan/diterangkan, dalam keadaan positif maupun negatif. Dan itu apabila surat pernyataan tersebut dibuat oleh pihak lain.

Bentuk, Format, Susunan Surat Pernyataan

Surat pernyataan sebenarnya termasuk dalam surat pribadi, namun meskipun demikian, pihak penerima surat pernyataan sebaiknya membuatkan blanko. Adapun bentuk dari surat pernyataan adalah sangat sederhana, kita bisa memilih akan membuatnya dalam bentuk resmi atau setengah resmi. Sedangkan susunan dari surat pernyataan adalah sebagai berikut :

1. Nama surat pernyataan, diketik center dengan huruf kapital semua;
2. Isi pernyataan yang meliputi : identitas pihak yang menyatakan, isi pernyataan yang berupa kesesungguhan dalam menyatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan yang ada, identitas pihak yang menyatakan jika surat dibuat oleh pihak lain;
3. Penutup yang meliputi : Tempat dan tanggal dibuatnya surat, identitas si pembuat pernyataan, nama terang, tanda tangan dan keterangan lain seperti Nip, Nim atau lain-lain.

Macam-Macam Contoh Surat Pernyataan

Sebagaimana yang kita ketahui, terdapat banyak contoh surat pernyataan yang isinya tentu disesuikan dengan aktifitas yang dilakukan. Mari kita simak satu persatu surat pernyataan tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Merupakan surat yang dibuat untuk menerangkan bahwa seseorang dalam keadaan tidak bekerja dalam sebuah perusahaan atau instansi lain. Surat ini biasanya adalah surat yang dijadikan salah satu syarat saat adanya rekrutmen karyawan baru pada sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Untuk contoh surat ini, bisa Anda lihat pada postingan contoh surat pernyataan kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Merupakan surat yang dibuat oleh orang yang berhutang untuk menerangkan atau menyakan bahwa ia telah berhutang pada orang lain dengan jumlah tertentu, dan akan membayar pada waktu yang telah ditentukan serta akan mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan dalam surat pernyataan tersebut, terlebih lagi apabila nantinya timbul suatu perselisihan. Contoh dari surat ini, bisa dilihat pada postingan yang berjudul contoh surat pernyataan hutang terbaru 2015.

Contoh Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari Pihak Lain

Merupakan surat yang dibuat oleh salah seorang calon penerima beasiswa yang isinya ialah untuk menerangkan atau menyatakan bahwa seseorang tersebut tidak dalam keadaan sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Bagi sobat yang hendak mengurus beasiswa, surat ini pasti akan kamu butuhkan sebagai salah satu syarat administrasi dalam pengurusan beasiswa. Maka dari itu, silahkan lihat contohnya pada postingan contoh surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Contoh Surat Pernyataan Kehilangan KTP/STNK/SIM

Merupakan surat yang dibuat untuk sesorang yang telah kehilangan barang tertentu, seperti KTP/STNK/SIM/BPKB, Motor, Mobil atau lain -lain yang isinya ialah untuk menerangkan pernyataan atas kejadian kehilangan tersebut. Contoh dari surat ini silahkan kunjungi postingan contoh surat pernyataan kehilangan KTP/STNK/SIM.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Merupakan surat yang dibuat oleh sesorang untuk menerangkan atau menyatakan bahwa ia belum menikah atau masih berstatus lajang. Surat ini juga biasanya sering diminta sebagai syarat saat melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan atau instansi tertentu yang mengharuskan calon karyawannya masih dalam status lajang atau belum menikah. Contoh dari surat ini bisa dilihat pada postingan yang judulnya contoh surat pernyataan belum menikah.

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Merupakan surat pernyataan yang dibuat oleh calon PNS untuk menerangkan atau menyatakan bahwa CPNS tersebut tidak pernah mengalami suatu kondisi tertentu. Misalnya tidak pernah dihukum atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat pada perusahaan atau instansi tertentu dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan contoh dari surat ini, silahkan lihat pada postingan contoh surat pernyataan CPNS.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Merupakan surat yang dibuat oleh seseorang untuk menyatakan bahwa ia sanggup untuk melakukan suatu aktifitas atau pekerjaan tertentu yang dibebani pada dirinya. Misalnya ialah pernyataan bahwa seseorang sanggup untuk menjalani ikatan dinas dalam batas waktu tertentu. Contoh dari surat ini bisa Anda lihat pada postingan saya yang berjudul contoh surat pernyataan kesanggupan.

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Merupakan surat yang dibuat oleh pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah perjanjian jual beli tanah yang isinya adalah untuk menerangkan bahwa sepetak tanah telah dibeli pada salah satu pihak dengan harga tertentu serta hal-hal lain yang diperlukan. Surat ini bisa Anda lihat contohnya pada postingan contoh surat pernyataan jual beli tanah.

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Bagi pelamar kerja, mungkin surat ini juga sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan. Surat ini merupakan surat yang dibuat oleh dinas terkait untuk menyatakan seseorang tidak menggunakan zat-zat tertentu yang tergolong dalam narkoba. Surat ini biasanya dijadikan syarat administrasi saaat melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan atau instansi tertentu, baik swasta maupun negeri. dapun contoh dari surat ini bisa Anda lihat pada postingan contoh surat pernyataan bebas narkoba

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja

Merupakan surat yang dibuat untuk menyakan bahwa seseorang bersedia untuk ditempatkan dimana saja pada cabang perusahaan tertentu. Jadi ketika si pelamar kerja lolos dalam seleksi penerimaan karyawan pada perusahaan tersebut, ia akan bersedia untuk ditempatkan di wilayah mana saja yang ditentukan oleh perusahaan atau instansi tersebut. Contoh dari surat ini bisa dilihat pada postingan yang judulnya contoh surat pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja.

NB: Halaman ini belum tuntas dan akan diupdate sampai selesai.

Demikianlah postingan tentang macam contoh surat pernyataan yang dapat saya hadirkan untuk Anda pada pagi minggu ini. Harapannya semoga tulisan ini bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda dalam menyusun surat pernyataan yang sedang Anda butuhkan. Jika tulisan ini ada manfaatnya bagi Anda, mohon kesiannya untuk like dan share kepada saudara kita yang lain. Dan apabila Anda juga membutuhkan contoh surat lainnya, silahkan lihat pada postingan contoh surat lengkap terbaru 2015. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam Contoh Surat Pernyataan