Loading...

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Loading...

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan ~ Selamat pagi Sahabat setia Contohsurat8.blogspot.com. Bagaimana kabar Sahabat semua? semoga dalam keadaan terbaik dan tidak kekurangan suatu apapun. Baik, sebelum saya bagikan contoh surat terbaru, saya ingatkan kembali apa yang sudah saya bagikan sebelumnya. Beberapa waktu yang telah lalu, saya sudah memberikan sebuah informasi mengenai contoh surat lamaran kerja pabrik. Sedangkan pada kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri kerja atau contoh surat resign.

Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama terkadang mengalami apa yang namanya bosan. Sehingga memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja. Selain itu, ada banyak alasan lain yang membuat seorang karyawan/pekerja memilih resign dari pekerjaannya, di antara lain adalah gaji/upah yang tidak sesuai, tertekan atau ingin membuka usaha.

Seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri, tentu akan membutuhkan sebuah surat perantara, yaitu surat pengunduran diri atau surat resign. Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar? Membuat surat lamaran kerja sebenarnya tidaklah begitu susah, sama halnya seperti membuat surat lamaran kerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri kerja, yaitu :
  1. Bahasa. Jika surat resign dibuat dalam bahasa Indonesia, maka ejaannya harus sesuai EYD. Namun jika menggunakan bahasa Inggris, maka harus diperhatikan grammar dan tensesnya.
  2. Buatlah surat pengunduran diri secara singkat, padat namun jelas dan gunakanlah kata-kata yang sopan sehingga tidak membuat pembaca merasa tersinggung.
  3. Muatlah ucapan terima kasih kepada perusahaan atau teman-teman di kantor yang Anda tinggalkan.
  4. Tidak menjelaskan secara rinci alasan Anda memilih mengundurkan diri.
Adapun untuk susunan atau bagian dari surat pengunduran diri kerja adalah sebagai berikut :

1. Tempat dan tanggal surat
2. Perusahaan/orang yang dituju
3. Identitas Karyawan
4. Isi yang meliputi : maksud dan tujuan surat, alasan singkat pengunduran diri.
5. Penutup/ucapan terima kasih
6. Tanda tangan karyawan bersangkutan.

Dari penjelasan singkat di atas, tentu Anda sudah memahami bagaimana cara membuat surat resign yang baik dan benar, namun agar lebih jelasanya, mari simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

PT. INGIN MAJU
Jl. Melani No. 35
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Maria Ulfa, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Ingin Maju sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 19 Februari 2013.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Ingin Maju, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Ingin Maju jika selama saya bekerja pernah berbuat kesalahan dan kekeliruan.

Saya mengharapkan selalu PT Ingin Maju dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Jakarta, 19 Februari 2016
Hormat saya,

(Tanda tangan)

Maria Ulfa

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Medan, 19 Februari 2016

Kepada Yth,
Manager PT Maju Bersama.
Jln. Sutomo No. 23
Medan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai Manager Produksi PT Maju Bersama, berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Sudirman
Departemen     : PT. Maju Bersama
Jabatan           : Manager Produksi
No. Karyawan  : 023453

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Maju Bersama. karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Sudirman

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Banda Aceh, February 23th, 2016

Mr. Agus Nugroho
Managing Director
Indah Lestari
Jln. Sukoco No. 45
Banda Aceh

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from February 25th, 2016.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Indah Lestari for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of Indah Lestari success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Taufik

Artinya :

Banda Aceh, 23 Februari 2016

Mr. Agus Nugroho
Managing Director
Indah Lestari
Jln. Sukoco No. 45
Jakarta

Dear Sir,

Melalui surat ini saya sampaikan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari perusahaan bapak terhitung mulai dari tanggal 25 Februari 2016.

Saya merasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mengembangkan karier saya dibidang lain. Saya akan berterima kasih jika Anda bisa mengkonfirmasi penerimaan pemberitahuan dan tanggal pengunduran diri saya. Jika ada sesuatu yang harus saya selesaikan sebelum saya pergi, tolong beritahu saya.

Saya juga menyampaikan rasa terima kasih saya kepada perusahaan Indah Lestari atas dukungan dan kesempatan yang telah saya dapatkan selama bekerja di sini. Saya berharap Anda dan seluruh team Indah Lestari sukses dan terus memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaannya.

Hormat Saya

Taufik

Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa kami hadirkan untuk Anda pada kesempatan ini. Semoga informasi ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi Anda sehingga yang sebelumnya tidak tahu cara membuat surat resign, sekarang sudah bisa membuatnya. Jika contoh surat di atas bermanfaat, mohon kesediaan Anda untuk like dan share kepada teman-teman Anda yang lain melalui tombol di bawah ini. Dan jika dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat lamaran kerja hotel. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan